26 Oktober, 2023

Aurel, Anime, dan Costplay


COSTPLAY 

    Costplay adalah singkatan dari "Costum Playing" ataupun permainan Kostum. Eh, apa itu? "yaitu orang-orang yang berpakaian (berperan) selayaknya karakter dalam suatu Anime, ataupun Game," tutur Aurel di awal ulasannya tentang pengalamannya mengikuti event costplay. Yuk, kita simak baik-baik perjalanannya.  ^^


    Saya sendiri sudah mulai mengikuti event Jejepangan sejak bulan Juni. Waktu itu, event pertama saya adalah event berjudul "Iki Malang Kerr!". Event ini di selenggarakan di depan Stasiun Kota Malang. Tepatnya pada tanggal 11 Juni 2023. Disana, saya benar-benar hanya orang awam. Yang awalnya datang hanya untuk berfoto dengan Cosplayer (sebutan untuk orang yang melakukan costplay). Saya berangkat diantar oleh orang tua dan adik saya, kemudian saya masuk ke dalam event bersama adik saya, kebetulan event-nya free htm (tidak ada tiket masuk) jadi saya langsung saja masuk event bersama adik saya.



KOMUNITAS COSTPLAYER dan NPC di MALANG

    Tidak lama setelah event, saya dikenalkan sebuah Komunitas Costplayer & NPC di Malang, nama komunitas nya adalah EJM Community. EJM adalah singkatan dari Event Jejepangan Malang. Saat pertama kali bergabung di grub WhatsApp, saya awalnya canggung dan takut jika saya tidak akan diterima dengan baik. Nyatanya tidak begitu, begitu saya bergabung di dalam grub WhatsApp tersebut.. Saya langsung disambut dengan ramah dan baik oleh member²nya. Saya mulai memperkenalkan diri Saya, dan berkenalan dengan member² EJM Community. Beberapa Hari kemudian setelah saya bergabung di Komunitas EJM, ada event Jejepangan di Transmart Malang, dengan judul event "Shokumatsu". Event ini bertepatan pada tanggal 23 Juli 2023. Ini merupakan Event pertama saya dengan EJM Community. Saya berangkat dijemput oleh salah satu member EJM Community.
    Sesampainya disana, Saya masih canggung dan hanya bisa diam karena belum banyak kenal dengan member EJM. Tetapi, ternyata beberapa member EJM ada yang mengenali Saya, jadi kami pun memutuskan untuk berbincang-bincang dan sedikit bersenda gurau bersama. Event berjalan dengan lancar, coswalk (costplay walking) juga berjalan dengan lancar, tetapi saya tidak melihat coswalk-nya waktu itu. dikarenakan Saya masih canggung, maka dari itu Saya memutuskan untuk tetap duduk bersama member EJM Community.
    Nah, biasanya setelah event ada sesi fotbar (foto bareng untuk semua member EJM dan juga costplayer dari dalam komunitas EJM maupun dari luar komunitas). Sesi fotbar dilaksanakan pukul 17.00 WIB di Rooftop MATOS, kenapa kok di Rooftop MATOS? karena, di Rooftop MATOS jauh lebih luas daripada di depan Transmart. Selesai fotbar, Saya pun diantar pulang oleh salah satu member EJM tadi.
    Bulan selanjutnya, pada tanggal 20 Agustus 2023, ada Event Jejepangan lagi di Mall Dinoyo City.
Judul Event nya adalah "Utsuru Fest". Ya, ini merupakan Event Besar.. karena pemilik dari Event ini sudah berkeliling ke seluruh Indonesia. Nah, kali ini eventnya bertempat di Kota Malang, lebih tepatnya di Mall Dinoyo City. Karena ini merupakan event besar, Saya jadi semangat untuk menghadiri event ini.. bahkan Saya berniat untuk mengikuti Costplay juga. Dan ya, akhirnya Saya memutuskan untuk mengikuti Costplay. Saya merental (sewa) kostum Costplay di @.kuma_renttt (nama akun Instagramnya).



    Saya menyewa kostum Maid Neko (kostum pelayan bertema kucing). Harganya 65k, sudah termasuk semua aksesorisnya. Saya pun segera membayar Kostum itu melalui transfer daru bank, yg kemudian saya mengambil kostumnya kerumah perental.. yg beralamat di Ahsana Blimbing Regency. Saya merental kostum pada hari Sabtu, dan mengambilnya juga hari Sabtu, lalu melakukan pengembalian kostum pada hari Senin, karena eventnya hari Minggu. Tibalah saatnya pada hari Minggu, saya bersiap-siap lengkap dengan kostum Maid Neko yg sudah saya rental tadi. Saya berangkat ke Mall Dinoyo City menggunakan Grab Bike, biaya nya adalah 39k untuk sekali berangkat.
    Sesampainya disana, saya berkumpul dengan anak² dari Komunitas EJM. Setelah itu, Saya pun masuk dan membeli tiket htm-nya seharga 25k. Setelah itu, saya pun masuk ke dalam event (eventnya berada di Rooftop Mall Dinoyo City). Disana sangatlah ramai, banyak Costplayer dan juga NPC (sebutan untuk orang yg tidak bercostplay, tetapi hanya datang untuk berfoto atau sekedar melihat-lihat). Saya sangat merasa senang, karena meskipun ini costplay pertama saya. Ternyata ada juga NPC yang mengajak saya berfoto, sungguh itu sangat membuat saya bersemangat.
    Saya juga ikut event Jejepangan di Lapangan Rampal lho. Mau tahu ceritanya? Update terus artikel saya di sini ya! (BERSAMBUNG) Aurel, J-Pers

1 komentar:

  1. Permisi kak, maaf cuma mau kasih tau saja untuk penulisan yang benar adalah Cosplay ya bukan costplay, Terima kasih

    BalasHapus