21 Agustus, 2023

Bagaimana Gaung PembaTIK 2023 di SMP Negeri 2 Jabung?

 


    Apa itu PembaTIK? PembaTIK adalah program peningkatan kompetensi pendidik dalam kegiatan Belajar, Mengajar dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari empat level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi dan berkolaborasi.

 Jadi, jangan lagi heboh ya jika dalam pembelajaran di ruang-ruang kelas Janeda siswanya pada pegang HP dan gurunya menayangkan slide power point atau yang lainnya di layar proyektor. Jangan lagi ada komentar sekarang sudah bukan lagi pembelajaran online, jadi tidak perlu bawa HP. "Jika anak-anak sekarang bermain saja pakai HP, maka dalam belajar pun jangan kalah, pakai HP juga. Ajarlah anak-anak sesuai zaman mereka, bukan zaman kita sendiri waktu kita sekolah," tutur Ibu Nurus yang ternyata penggagas PembaTIK 2023 di sekolah kita. Sekarang ini, saat catatan ini dipublikasikan, beliau sedang "menikmati" pelatihan PembaTIK level 2. Jadi di antara padatnya jadwal beliau, Ibu Kepala Sekolah yang juga merangkap sebagai ibu Pengurus MGMP Bahasa Indonesia di Kabupaten Malang ini masih menyempatkan diri untuk mengikuti pelatihan dan belajar. Berikut adalah momen di mana beliau sedang melakukan pengambilan rekam video untuk tugas akhir PembaTIK Level 2. Untuk hasilnya bisa disimak di link berikut https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/357600 





    Selain Bunda Nurus, Bapak Basyir juga mengikuti kegiatan serupa. Jadi jangan heran jika sesekali terlihat keduanya berada dalam satu ruang kelas untuk pengambilan gambar. Ingat slogan PembaTIK, “Mari berkontribusi dalam penguatan ekosistem digital pendidikan, serta menjadi mitra Kemendikbudristek sebagai Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia. Harapan kita perkembangan digital bisa berdampak positif untuk siswa, bukan sebaliknya," tukas Bunda Nurus. Wah, semoga sukses ya, Bund. (Bas)

0 comments:

Posting Komentar