11 Juli, 2023

BERJUMPA DENGAN IBU NURUL SRI UTAMI, S.Pd, MM. KABID SEKMEN DINAS PENDIDIKAN DI WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA


    Senin (10/7) seluruh kepala sekolah wilayah Sub Rayon 13 Jabung menghadiri pembukaan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dan Penyusunan Perangkat Mengajar di SMP Negeri 1 Jabung Jalan Raden Fatah, Sukolilo Jabung. Acara ini juga dihadiri para Waka kurikulum dan dua perwakilan guru tiap-tiap sekolah, dan sekolah kita diwakili Ibu Eny Mufrodah dan Bapak Nur Mohamad Basyir. Ibu Lulus Indrayanti selaku Waka kurikulum menyampaikan bahwa harapannya nanti perwakilan guru akan mengimbaskan ke rekan guru di sekolah. "Pelaksanaan Kurikulum Merdeka kan tidak serentak semua kelas, tapi bertahap, jika tahun lalu diawali oleh siswa kelas tujuh maka tahun ini guru kelas delapan harus siap menangkap bola, menyambut siswa kelas tujuh yang naik ke kelas delapan dengan Kurikulum Merdeka. Mau tidak mau harus siap sebab waktu terus berjalan," tutur Ibu Nurus Solehati di sela-sela acara pembukaan. 

    Pembukaan dihadiri oleh Ibu Nurul Sri Utami, S.Pd, MM. Kabid Sekmen Dinas Pendidikan Kabupaten Malang yang didampingi Bapak Drs. Edy Yuswanto selaku Kepala Sekolah tuan rumah dan Bapak Badrus, S.Pd, Pengawas SMP Kabupaten Malang Wilayah Jabung sebagai nara sumber. Ibu Nurul membuka acara dengan semangat tapi tegas telah berhasil memotivasi bapak ibu guru peserta workshop menuntaskan kegiatan sampai akhir. Hal ini terlihat dari antusias peserta setiap kali merespon pertanyaan Ibu Kabid yang juga sering dipanggil "Ibu Camat". Rencananya, beliau juga akan hadir di sekolah kita tanggal 20 Juli nanti untuk agenda yang berbeda. "Prediksinya hari ini tetapi Ibu Nurul sudah ditunggu acara penting juga di tempat lain, jadi insya Allah ditunda tanggal 20 nanti." tutur Ibu Eny menjelaskan. Semoga acara workshop benar-benar mendatangkan manfaat bagi kelangsungan pembelajaran di sekolah kita, Janeda tercinta. 


    Hari berikutnya materi yang berhubungan dengan IT, yaitu membuat modul ajar dengan bantuan ChatGPT. "Apa yang Bapak Ibu minta akan dibuatkan oleh AI," tutur nara sumber dari Guru Penggerak  Angga Agus K. S.Pd, dari SMP Negeri Ngantang 1 itu. Memang sangat terasa bedanya, membuat RPP atau modul ajar jadi lebih cepat. 
    Apakah Chat GPT itu?  Chat GPT atau Generative Pre-training Transformer adalah kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format percakapan. Kita bisa memberi pertanyaan kepada jenis AI ini dan secara otomatis memperoleh jawaban dalam waktu singkat. Fitur ini juga bisa disebut sebagai chatbot yang disediakan oleh Open AI, perusahaan AI nonprofit yang didirikan pada tahun 2015 oleh Elon Musk dan sekelompok tokoh terkenal di Silicon Valley seperti Sam Altman dan Reid Hoffman. Layanan ini diklaim bisa melakukan berbagai macam tugas dalam waktu singkat. (Bas)




1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat workshop yang dilaksanakan. Terimakasih narasumber dan panitia.

    BalasHapus