08 Juni, 2023

SELAMAT DAN SUKSES ATAS PENUNJUKAN JANEDA MENJADI SEKOLAH RINTISAN ADIWIYATA

    


    Oleh-oleh workshop Bu Eny selama dua hari di hotel Grand Kanjuruhan dan Miami Hotel adalah terdaulatnya sekolah kita menjadi sekolah rintisan Adiwiyata. Apakah Adiwiyata itu? Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School, adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

    Green School merupakan program yang dikembangkan di tingkat internasional. Green School lebih bermakna pada pembentukkan sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hal ini diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya. Termasuk di dalamnya program “Greening The Curriculum”, kurikulum hijau, artinya kurikulum yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan dalam bahasannya serta mengintegrasikan materi lingkungan ke dalam pembelajarannya, sesuai dengan topik bahasannya. 

    Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “Adi” dan “Wiyata”. Adi mempunyai makna: besar, agung, baik, ideal atau sempurna, Wiyata mempunyai makna tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Adiwiyata dapat diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan .

    Tentu saja ini adalah tantangan yang positif untuk sekolah kita sendiri. SK Susunan Kepanitiaan Adiwiyata pun dibentuk dan resmi disahkan pada tanggal 4 Maret 2023. Kelompok Kerja atau yang kemudian disebut Pokja pun terbentuk. Pokja itu sendiri merupakan suatu kelompok kerja yang mendukung jalannya program Adiwiyata. Seseorang yang berada di dalam kelompok kerja memiliki kesadaran lebih terhadap lingkungan dan menyadarkan temannnya tentang betapa pentingnya arti kebersihan sekitar kita. 

Berikut di antara manfaat dari program Adiwiyata;
  • Mengubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan.
  • Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.
  • Dapat menghindari sejumlah resiko dampak lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah.
  • Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah.
  • Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
  • Menjadikan tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan juga benar.
  • Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi segenap seluruh warga sekolah.
Semoga kita segera dapat merasakan manfaat dari program Adiwiyata. Amiiin.

0 comments:

Posting Komentar